Press "Enter" to skip to content

Keluhanku tentang perjalanan sejarah bangsa ini

Menyimak dan menyelami berbagai hal yang terjadi pada bangsa ini, sungguh hanya menghadirkan kegundahan, kegemasan dan keprihatian yang sangat mendalam dihati. bagaimana tidak, berbagai hal yang terjadi dalam rentang periode demi periode perjalanan bangsa ini hanya mewariskan sejarah yang tidak punya makna pencerahan untuk generasi-generasi mendatang. Berbagai masalah nasional baik itu di bidang ekonomi, politik, hukum dan bahkan budaya yang selama ini terjadi dalam beberapa kurun waktu hanya sejenak menghadirkan hiruk pikuk di tengah masyarakat lalu hilang tanpa ada penyelesaian hingga akhir permasalahan. Sebagian mereda dengan sendirinya atau dengan sengaja diredam oleh pihak penguasa, dan bahkan lebih parahnya sebagian dari masalah itu kenyataannya kadang hanya dijadikan “pengalihan isu” semata. (oh my god.. come on.. ini masalah serius men.. nggak bisa kita jadiin main-mainan untuk sekedar pengalihan isu!!!)


Jika sejarah itu adalah dokumen, tempat pelajaran-pelajaran tentang masa lalu tidak memiliki peran yang mencerahkan atau penting dan berguna, lantas apa fungsi berbagai perubahan dalam fase-fase dan periode-periodenya? sejatinya, sejarah yang diwariskan dari generasi demi generasi haruslah merupakan benih unggul dan berkualitas agar arah perkembangannya dapat terus menerus meningkatkan profil sejarah dalam perjalanan panjang peradaban, bila tidak, maka tidak ada fungsinya mengambil pelajaran dari sejarah.

Setelah sedikit uraian singkat diatas, Kini kita dapat membayangkan jika generasi mendatang menghadapi masalah yang sama yang terjadi dimasa kini, maka mereka tak akan bisa belajar dari sejarah yang kita wariskan, kita hanya bisa berharap agar mereka tidak mengulang kesalahan seperti kita, dan semoga mereka bisa lebih berkomitmen menghargai sejarah sebagai gudang konsep-konsep besar dan sumber pelajaran-pelajaran ideal yang sifatnya otoritatif peringatan terhadap hasrat dan insting yang merusak, hingga dengan demikian mereka dapat mewariskan sejarah yang lebih baik untuk generasi sesudah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 views